BEBERAPA BUAH DAN KHASIATNYA YANG TERDAPAT DALAM AL-QUR’AN DAN HADIST

1. Madu Lebah
Rasulullah bersabda : “Hendaklah kalian menggunakan dua terapi penyembuhan penyakit,yaitu dengan madu dan Al-qur’an.” Dalam Hadist lain dikatakan : “Madu adalah penawar bagi setiap penyakit,dan Al-qur’an adalah penawar bagi penyakit yang terdapat di dalam dada (hati), maka hendaklah kalian menggunakan dua terapi penyembuhan penyakit yaitu dengan madu dan Al-qur’an.”

“Dari perut lebah itu keluar cairan dengan berbagai warna, di dalamnya terdapat kesembuhan bagi manusia.” (QS. An-Nahl: 69). Madu adalah makanan yang mengandung aneka zat gizi seperti karbohidrat , protein , asam amino, vitamin, mineral, dekstrin , pigmen tumbuhan dan komponen Aromatik. Bahkan dari hasil penelitian ahli Gizi dan pangan ,madu mengandung karbohidrat yang paling tinggi diantara produk ternak lainnya susu, telur , daging, keju dan menterga sekitar (82,3% lebih tinggi) Setiap 100 gram madu murni bernilai 294 kalori atau perbandingan 1000 gram madu murni setara dengan 50 butir telur ayam atau 5,675 liter susu atau 1680 gram daging. Dari hasil penelitian terbaru ternyata zat-zat atau senyawa yang ada didalam madu sangat komplek yaitu mencapai 181 jenis .

2. Habbat Al-Saudaa (jintan Hitam)
Rasulullah bersabda : ”Dalam Habbat al-Saudaa terdapat penawar untuk setiap penyakit kecuali al-Saam (mati).” Untuk itulah, mengkonsumsi Habbaatussauda sebagai obat dan terapi kesehatan sangat dianjurkan Rasulullah s.a.w. Ibnu Sina – Habbatussauda merangsang tenaga dan membantu memulihkan kepenatan dan semangat. (Buku Ibnu Sina “Canon of Medicines”). Ibnu Qayyim – Habbatussauda dapat membantu memulihkan penyakit seperti batuk, “bronchitis”, masalah perut, cacingan, masalah kulit seperti jerawat, sakit senggugut dan haid, menambah aliran air liur dan sebagainya. (Buku Ibnu Qayyim “Medicine of the Prophet”). Dr Ahmad Elkadi juga membuat kajian dan mendapatkan bahwa Habbatussauda dapat meningkatkan daya tahan tubuh (immune system). Kandungan dari Habbatussauda ialah Fixed Oil (saturated dan unsaturated), Minyak-minyak Asas (sterol, thymohydroquinone, carvone, limonine, cymene), Alkaloids, Saponin dan Asid Amino.

3. Kurma
Ibnu Al-Qayyim dalam bukunya “Zad Al-Ma’ad”, menyatakan bahwa kurma matang memperkuat perut yang dingin dan menyegarkan badan juga menguatkan ginjal, menghaluskan pence rnaan. Dari Anas berkata, “Bahwa Rasulullah sarapan pagi dengan kurma, sebelum beliau shalat. Jika tidak dengan kurma matang maka beliau makan dengan kurma mentah. Jika tidak dengan kurma mentah maka Nabi sarapan dengan air kurma.”

4. Manna dan Salwa
Al-Manna adalah materi (bahan) getah manis kental seperti madu yang dikeluarkan dari lebah, bertumpuk di pohon sejak terbit fajar hingga terbenam matahari, lalu kering dan berubah menjadi benda putih seperti tepung atau kertas putih halus yang terpencar pada jenis sebangsa batang pohon, dan dapat langsung dimakan atau dilarutkan ke dalam air, lalu diminum dan rasanya sangat manis, penuh kualitas gizi yang tinggi, karena kaya dengan kandungan gula anggur (glukosa) dan gula (farkutoza). Al-Salwa adalah burung yang sudah popular dengan nama al-Samman (burung quil;puyuh). Penggabungan antara al-Mann dan al-Salwa adalah penggabungan antara karbohidrat yang dikandung al-Mann, dan protein hewani yang dikandung al-Salwa.

5. Susu
Rasulullah bersabda, ”Barangsiapa yang diberikan minuman susu oleh Allah; maka hendaklah ia membaca ; Ya Allah, berikanlah berkah-Mu pada minuman ini dan tambahkanlah karunia-Mu dari jenis minum ini, karena sesungguhnya air susu tidak dapat ditandingi dari semua jenis makanan dan minuman.” Air susu mengandung vitamin A, B, C, dan D, kalsium sodium, protasium, dan magnesium. Disamping itu susu juga mengandung protein dan lemak. Karena memiliki kandungan nutrisi tersebut, maka susu memiliki manfaat yang tidak sedikit, diantaranya:

* Mencegah osteoporosis dan menjaga tulang tetap kuat. Bagi anak-anak, susu berfungsi untuk pertumbuhan tulang yang membuat anak menjadi bertambah tinggi.
* Menurunkan tekanan darah.
* Mencegah kerusakan gigi dan menjaga kesehatan mulut. Susu mampu mengurangi keasaman mulut, merangsang air liur, mengurangi plak dan mencegah gigi berlubang.
* Menetralisir racun seperti logam atau timah yang mungkin terkandung dalam makanan.
* Mencegah terjadinya kanker kolon atau kanker usus.
* Mencegah diabetes tipe 2.
* Mempercantik kulit, membuatnya lebih bersinar.
* Membantu agar lebih cepat tidur. Hal ini karena kandungan susu akan merangsang hormon melatonin yang akan membuat tubuh mengantuk.

6. Anggur

 

Allah berfirman, “ Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanaman; zaitun, kurma, anggur, dan segala macam buah-buahan.” Aneka ragam buah-buahan segar diciptakan Sang Khalik untuk umat manusia. Di antara sekian banyak buah-buahan itu, salah satu yang disebutkan Allah SWT dalam Alquran dalah anggur. Buah yang rasanya lezat itu, disebutkan dalam Alquran sebanyak 14 kali. Anggur merupakan salah satu tanaman yang dikenal umat manusia sejak lama. Menurut Thlbah, anggur sudah dikenal sejak masa Nabi Nuh AS. Tanaman yang berbuah manis dan lezat itu tumbuh merambat ke atas, berlawanan arah dengan ujung kuncupnya, dan searah dengan penopang anggur.Anggur juga telah diketahui oleh orang-orang kuno sebagai tanaman berkhasiat tinggi dan memiliki manfaat sangat banyak. Kesimpulannya, anggur adalah salah satu buah yang paling banyak manfaatnya,” tutur Tahlbah.

7. Delima
Rasulullah menyifati delima sebagai memperkuat detakan hati, mengusir cacing pita, berguna untuk disentri, lemah usus, dan membasmi tumor pada selaput lendir (mubosa) jika diteteskan pada hidung ditambah madu. Jika air (sarinya) diminum dengan air dan gula atau madu akan menimbulkan mencret ringan yang berguna untuk membersihkan saluran pernapasan dan dada, membersihkan darah, menghilangkan sisa-sisa kasar pada usus, dan bebas dari kesulitan usus, terutama setelah mengkonsumsi lemak.

8. Zaitun
Zaitun adalah pohon berkah yang dijanjikan Allah swt. Dalam firman-Nya: “Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun, dan demi bukit Sinai.” (QS At-Tin [95] 1-2)
Ibnu Abbas berkata, pada zaitun terdapat manfaat-manfaat; minyaknya dapat menyala, menjadi lauk pauk, kuah, lemak, dan bahan penyamak, bahan bakar dengan kayu dan buihnya. Dan tiada sesuatu dari bagian zaitun, melainkan bermanfaat, bahkan abunya dapat digunakan mencuci luka-luka dan tumor.
Dalam riwayat Umar bin Khatab, Rasulullah bersabda, “Konsumsilah minyak (minyak zaitu) dan jadikanlah pelumas (bahan gososk, karena minyak itu dari pohon yang penuh berkah. ”Mengapa demikian? Karena pohon zaitun telah didoakan oleh 70 Nabi akan keberkahannya. Diantaranya Nabi Ibrahim dan Nabi Muhammad saw.

9. Buah Tin
Abi Darda berkata; bahwa ia menghadiahkan semangkuk buah tin kepada Nabi. Lalu saya berkata, “Makanlah!” Kemudian beliau memakannya. Dan beliau berkata, “Jika saja kamu mengatakan bahwa buah tin adalah buah yang diturunkan Allah dari Surga, maka saya pun akan berkata demikian, karena buah dari surga tidaklah asing. Maka makanlah buahnya! Karena sesungguhnya tin dapat menghilangkan ambeien (wasir) dan berguna untuk penyait encok.”

10. Bawang Putih
Bangsa Arab mengenal bawang putih sejak dahulu kala. Mereka sejak lama telah mengklasifikasikan corak medis bawang putih. Sebagaimana yang dikutip dari perkataan Ibnu Sina dalam bukunya “Al-Qanun Fi At-Thibb” bahwa : “Bawang putih bersifat memperlancar dan menghilangkan penyakit penggelembungan perut, mengobati batuk, berguna untuk mengeluarkan dahak lendir, menghilangkan batuk, menguatkan tubuh, menambah kejernihan pandangan mata, mengaktifkan peredaran darah, mengeluarkan angin, memperindah suara, membersihkan usus, menambah kekuatan daya ingatan dan kecerdasan, mengobati penyakit pelupa, dll.

11. Bawang Merah
Ibnu Sina berkomentar tentang bawang merah dengan berkata, “Bahwa tunas bawang merah dapat menghilangkan penyakit kulit, dan dapat berfungsi membersihan penyakit yang merontokan rambut di kepala. Air bawang dapat membersihkan luka-luka, dan jika ainya dihirup dapat membersihkan kepala.”

12. Beras Gandum
Rasulullah bersabda, “Beras gandum adalah dapat menenangkan jiwa pend erita dan menghilangkan kesedihan.” Riwayat lain juga dari Aisyah, ia berkata; bahwa jika dilaporkan kepada Nabi bahwa si pulan sakit, beliau tidak menyarankan makanan lain, dan beliau pun bersabda, “Gunakanlah gandum dan rasakanlah khasiatnya.”

13. Kacang Polong (Hulbah/Fenugreek)
Pentingnya pengobatan dengan hulbah telah dikenal sejak lama. Para dokter Arab dahulu kala juga menggunakannya. Ibnu Al-Qayyim menceritakan tentang pengobatan Nabi, “Dari Qasim bin Abdurrahman, sesungguhnya Rasulullah telah bersabda, “Berobatlah dengan hulbah.”

14. Kemangi/ Selasih
Kemangi     adalah tumbuhan wangi yang memiliki beberapa jenis. Kemangi disebutkan dalam Al-qur’an ketika Allah berfirman, “Dan biji-bijian yang berkulit dan bunga-bunga yang harum baunya.” (QS Ar-Rahman [55]: 12). Ibnu Sina berkata, bahwa kemangi berguna untuk wasir atau ambeien, mabuk, dan mimisan

15. Jahe
Kata zanjabiil disebutkan dalam Al-qu’an, sebagaimana difirmankan Allah, “Di dalam surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe.” (QS Al-Insan [76]: 17).

16. Kacang Adas
Di abad pertengahan, sebagian orang menyakini adas mengandung racun. Namun kemudian, pandangan tentang adas berubah. Para dokter Arab mengatakan bahwa adas dapat menghilangkan demam dan meredam panas. Kuahnya (sup) adas dapat juga meredam batuk dan sakit dada. Namun jika berlebihan mengonsumsi adas dapat mengakibatkan rabun penglihatan dan menimbulkan lepra atau kusta. Jika adas dicampur dengan manis-manisan dapat menyebabkan ambeien, bawasir. Sebaiknya dikonsumsi dengan cara dimasak dengan cuka dan jenis tanaman, seperti bit. Jika dibakar dapat memutihkan gigi yang cokelat. Jika dioleskan pada kelopak mata dapat mencegah kelonggaran kelopak mata.

Dengan ajarannya, Nabi s.a.w. membawa nilai-nilai maslahat yang begitu besar untuk kebaikan umatnya. Banyak hadist Nabi menyebutkan sistem pengobatan mujarab, diantaranya pengobatan dengan menggunakan rempah-rempah dan buah-buahan.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: