METODA PENGOBATAN MENURUT RASULULLAH

Religious Myspace Comments
Setiap penyakit itu pasti ada obatnya, berdasarkan sabda Rasulullah saw. berikut: Dari Jabir radhiyallahu `anhu, Rasulullah saw. bersabda

“Setiap penyakit itu pasti ada obatnya. Oleh karena itu, barang siapa yang tepat dalam melakukan pengobatan suatu penyakit, maka dengan izin Allah `Azza wa Jalla dia akan sembuh.”

[HR. Muslim, dalam Kitab as-Salaam, bab Li kulli Daa-in Dawaa wa Istihbabut Tadaawii, Hadits no. 2204]

Dalam lafazh Hadist lain, Rasulullah bersabda : “Sesungguhnya Allah tidak menurunkan satu penyakit, kecuali dia menurunkan obat penyembuhnya; obat penyakit diketahui bagi yang mengetahuinya, dan tidak diketahui bagi orang jahil.”

Allah s.w.t memerintahkan kepada kita untuk mengambil apa-apa yang datang dari Nabi Muhammad saw , dan mengamalkan petunjuk beliau serta mengikuti sunah-sunahnya sesuai firman Allah : “Apa yang diberikan Rasul kepadamu, terimalah dia, dan apa yang dilarang bagimu maka tinggalkanlah.” (QS Al-Hasyr [59] : 7 ). Selanjutnya, Allah telah mewahyukan kepada Nabi Muhammad tentang segala hal yang berfaedah dan bermanfaat serta apa-apa yang merusak dan berbahaya bagi makhluk-Nya. Untuk itu kita sebagai muslim patut untuk mengikuti metoda pengobatan menurut Rasulullah dalam mengobati penyakit.

Allah berfirman, “Barangsiapa menaati Rasul, sesungguhnya ia telah menaati Allah.” (QS An-Nisa [4]: 80). Umumnya, pengobatan Rasulullah dilakukan secara kasus per kasus atau obat per obat , dan bukan dengan obat ramuan (campuran) dalam mengobati suatu penyakit. Sunah nabi telah menetapkan metoda penyembuhan penyakit yang menakjubkan. Jika digunakan maka pencegahan dan penyembuhan serta kondisi kesehatan akan diperoleh. Metoda sunah yang dimaksudkan adalah sebagai berikut :
• Berobat sesuai tuntunan Sunah dan Al-qur’an
• Berobat dengan tabib muslim yang piawai dan mahir
• Menghindari obat-obatan atau pengobatan yang haram

Cara berobat Menurut Tuntunan Sunah
Pertama, penyembuhan secara ma’nawiyah, yakni dengan ayat-ayat Al-qur’an, ruqyah, dan dengan doa-doa.
Kedua, penyembuhan secara material atau lahiriah, seperti dengan cara bekam (hijamah), air zam-zam, susu unta, susu sapi, rumput-rumputan yang berkhasiat yang bersumber dari Sunah dan Hadist-hadist Nabi.
Ruqyah secara bahasa adalah Do’a Penjagaan.


Secara istilah berarti sebuah terapi syar’i dengan cara pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an dan do’a-do’a perlindungan yang bersumber dari Nabi Shollallahu ‘alaihi wasallam yang dilakukan seorang muslim, baik dengan tujuan penjagaan diri sendiri atau orang lain dari pengaruh jahat pandangan mata (‘ain) manusia dan jin, kerasukan, pengaruh sihir, gangguan kejiwaan, berbagai penyakit fisik dan sebagainya dengan tujuan untuk pengobatan.
Allah SWT berfirman :
“Dan Kami turunkan dari Al-Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.”
(Al-Isro : 82)
Rasulullah SAW bersabda :
اعْرِضُوا عَلَيَّ رُقَاكُمْ لاَ بَأْسَ بِالرُّقَى مَا لَمْ يَكُنْ فِيهِ شِرْكٌ
“Bacakan ruqyah-ruqyah kalian kepadaku, tidak apa-apa dengan ruqyah yang tidak mengandung kesyirikan didalamnya.”
(HR. Muslim)

Bekam atau hijamah adalah sistem dan penyembuhan yang dilakukan dengan cara menghisap darah dan mengeluarkan darah kotor atau darah penyakit dari permukaan kulit.


Bekam merupakan pengobatan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW, sebagaimana dijelaskan dalam hadist Bukhari :
Dari Ibnu Abbas r.a. Rasulullah bersabda : “Kesembuhan (obat) itu ada pada tiga hal: dengan minum madu, pisau hijamah (bekam), dan dengan besi panas. Dan aku melarang ummatku dengan besi panas.” (Hadist Bukhari)
Bekam atau hijamah menurut Rasul dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit apapun,
”Barangsiapa berbekam tanggal 17, 19 dan 21 akandisembuhkan dari segala penyakit”
(H.R Tirmidzi)
Metode Bekam sebenarnya juga sudah populer dikalangan bangsa arab jahiliyah, kemudian Rasulullah SAW mengakui dan menetapkannya bagi umatnya. Beliau sendiri pernah melakukan dan memerintahkannya. Pengobatan dan penyembuhan dengan metode bekam telah diwasiatkan paraMalaikat kepada Rasulullah SAW,
“Wahai Muhammad, suruhlah umatmu melakukan bekam.” (H.R Abu Daud)
“Pengobatan yang paling ideal yang kalian lakukan adalah berbekam.” (Muttafaq Alaihi)
“Bekam dapat menambah kecerdasan, kekuatan menghapal dan menambah hafalan orang yang menghafal.” (H.R Ibnu Majah)
Dari Ibnu Abbas, Dia berkata, “Nabi SAW pernah berobat dengan bekam dan memberikan upah kepada tukang bekam.”
Waktu berbekam sebaiknya dilakukan pada pertengahan bulan, karena darah kotor berhimpun dan lebih terangsang (darah sedang pada puncak gejolak). Anas bin Malik r.a. menceritakan bahwa : “Rasulullah SAW biasa melakukan hijamah pada pelipis dan pundaknya. Beliau melakukannya pada hari ketujuhbelas, kesembilanbelas atau keduapuluhsatu.” (Diriwayatkan oleh Ahmad). Pemilihan waktu bekam adalah sebagai tindakan preventif untuk menjaga kesehatan dan penjagaan diri terhadap penyakit.
Karena itu bekam bukanlah sesuatu yang asing untuk digunakan sebagai pengobatan dan penyembuhan berbagai macam penyakit, siapapun dapat mempelajari dan melakukannya
Sunah nabi menganjurkan minum air zamzam karena kandungannya dan memiliki karakteristik medis; yaitu mengandung zat pengenyang, obat dan berkah. Rasulullah bersabda: ”Sebaik-baiknya air di muka bumi ini adalah air zamzam, mengandung unsur-unsur makanan dan penyembuhan berbagai penyakit.”

Allah befirman, “Maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan, jika kamu tidak mengetahuinya.” (QS An-Nahl)
Karena itu, Nabi menganjurkan dan memerintahkan kita untuk melakukan pengobatan melalui hadist-hadist dan sunah beliau.


About these ads
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: